RECORDS LABEL DI KALANGAN SKENA LOKAL HCPUNK KEBERADAANNYA BISA
MEMPUNYAI PERANAN YANG PENTING DALAM MERILIS RILISAN SEBUAH BAND DAN BISA JUGA
PERANANNYA “BIASA AJA” SEKARANG , “BIASA AJA” DISINI ARTINYA NGGAK PENTING
PENTING AMAT BILA SEBUAH BAND BERANGGAPAN “GW BISA KOQ NGERILIS SENDIRI” KARNA DI
ERA SEKARANG INI SEBUAH BAND BISA DENGAN GAMPANGNYA MERILIS RILISANNNYA SENDIRI
, KITA SUDAH TAU GIMANA CARA PRODUKSI , TAU CARA NYETAK COVER , TAU DIMANA
TEMPAT MENGGANDAKAN RILISAN DAN KITA SEKARANG JUGA DAPAT MENYESUAIKAN BUDGET,
ONGKOS SATU KASET BISA SAMPE SEKITARAN 20 – 25 RIBU KALO KATA AKMAL RECHARGE
RECORDS DENGAN PERINCIAN : KASET PERBANYAK 15 RIBU/KASET , COVER DUA LIPETAN 2000/KASET , PRINT COVER
10.000 ( BISA JADI 2/3 COVER , MENGGANDAKAN KASET SEKARANG TIDAK PERLU ADA
BATAS MINIMUM , 50 KASET AJA UDAH BISA SEKARANG , COVER JUGA NGGAK PERLU DATENG
KE PERCETAKAN, TINGGAL PRINT AJA. TINGGAL NYARI NAMA REKORD BIKIN LOGO TERUS
TEMPEL DI COVER, SELESAI! TAPI INI HANYA SEBATAS MEMPRODUKSI KASET YA, UNTUK
RILIS CD APALAGI PRINGAN HITAM TETEP LUMAYAN.
SEBERAPA PENTING PERANAN SEBUAH RECORD LABEL DI SKENA HCPUNK,
DIMANA FUNGSI RECORD LABEL SAAT INI SEBENERNYA BISA DI LAKUKAN SENDIRI OLEH
BAND TERSEBUT ? KALO KATA BANG IPUL MASAKRE “RECORDS LABEL SEHARUSNYA SELAIN
MENJADI DISTRIBUSI MEREKA MANJADI PENYAMBUNG KOMUNIKASI UNTUK BAND-BAND YANG
MEREKA RILIS, SEHARUSNYA KERJA RECORDS LABEL TIDAK BERHENTI SETELAH BAND ITU
DIRILIS, TAPI MEREKA JUGA YANG MENJADI JEMBATAN UNTUK BAND2 ITU UNTUK BISA
DIDENGAR BANYAK ORANG. BEBERAPA LABEL YANG BEKERJA DENGAN BAIK SAAT INI SUDAH
MENGGUNAKAN PR SEBAGAI ALAT PENGAMBUNG LIDAHNYA, PR ITU YG NANTI AKAN BEKERJA
SAMA DENGAN MEDIA DIGITAL, KONVENSIONAL, DAN JUGA MEDIA ALTERNATIF SEPERTI
ZINE. KARENA KETIKA BERITANYA SUDAH TERSEBAR DENGAN BAIK PROSES PENDISTRIBUSIAN
JUGA AKAN LEBIH MUDAH, SELAIN ITU BAND JUGA AKAN LEBIH MUDAH UNTUK MENDAPATKAN
RUANG BERMAIN MEREKA DENGAN COCOK. MEMANG SAAT INI SEMUA CARA KERJA ITU SUDAH
BISA DIAMBIL ALIH LANGSUNG OLEH BAND, INI MEMANG MENJADI ALT SAAT INI. TAPI
MENURUT GW KALAU BAND DAN RECORD LABEL BISA SALING BEKERJASAMA INI AKAN PASTI
AKAN SANGAT BAIK UNTUK HASILNYA.”
BILA RECORDS SAMPE DITITIK SEBUAH BAND INGIN SEKALI DIRILIS
SAMA RECORDS LABEL TERSEBUT , MENURUT SAYA ADA SOMETHING DI LUAR ONGKOS
PRODUKSI YANG GAK BISA BAND HANDEL TERSEBUT, SI RECORDS LABEL INI SUDAH
MENCAPAI LEVEL KEKERENANNYA SENDIRI , RECORD RECORD ITU BERHASIL MEMANAGE
KEKERENANNYA, DASAR YANG PALING FUNDAMENTAL ADALAH TENTANG KECINTAAN DAN
KONSISTENSI DALAM MERILIS SEBUAH RILISAN
KALO KATA WIDI DARI SET THE FIRE RECORDS, SALAH SATUNYA LAGI RECORDS LABEL MEMPUNYAI
STANDART DENGAN PILIHAN PILIHAN BAND YANG DIRILISNYA MULAI DARI GENRE YANG
MENGKHUSUSKAN DIRI DI RECORDS LABEL TERSEBUT ATAU MUNGKIN JUGA ADA STANDART
KHUSUS TENTANG HASIL REKAMANNYA SUPAYA BISA JADI LEBIH PROPER HASILNYA , JADI
ORANG LAIN MEMPUNYAI MINDSET SENDIRI TENTANG RECORDS ITU DAN PENEGASAN ITU DI
LAKUKAN OLEH MADAFAKA RECORDS “RULES UDA PASTI HARUS BAND HARDCORE ! HARDCORE
YANG KAYAK MANA? BAND YANG SADAR KALAU
DIA NGEWAKILI HARDCORE DARI SEGI BUDAYA, ETOS, DAN TRADISINYA. KARENA ADA BAND
ROCK YG ADA HC HC NYA ADA BAND METAL YG ADA HC HC NYA DAN SETERUSNYA.” ITO.
FAKTOR LAIN BISA JUGA KARENA RECORDS LABEL TERSEBUT MASIH DALAM SIRKEL TEMAN
BAIK , KITA AMBIL DARI PERKATAAN AJUS FINAL ATTACK, “GW AMBIL CONTOH KASUS
BEBERAPA BAND GW SEBELUMNYA YA SEPERTI BRAVE HEART DAN RAINCOAT. LATAR
BELAKANGNYA YANG PALING SEDERHANA ITU YA LABEL TERSEBUT DIJALANKAN OLEH TEMEN
BAIK KITA. PADA SAAT ITU JUGA TIDAK ADA KEPIKIRAN NAMA LABEL LAIN JUGA. ALASAN
LAIN YA KARENA ADA BAND-BAND YG KITA SUKA ADA DI SATU PAYUNG LABEL TERSEBUT.
MEMBUAT RECORDS SEKARANG INI SEBENERNYA BUKAN SEBUAH PILIHAN
UNTUK MENDAPATKAN KEUNTUNGAN , BEDA ZAMAN KETIKA ZAMAN 2000’AN AWAL KETIKA
ZAMAN PENJUALAN RILISAN FISIK GILA GILAAN , BAYANGKAN SAJA BAND SEPERTI STREET
VOICES BISA SAMPE 5000AN KOPI TERJUAL , BEDA DENGAN SEKARANG , NGEJUAL 100 KOPI
KASET AJA SUSAHNYA MINTA AMPUN, DISAAT YANG TIDAK MENGUNTUNGKAN INI ADA
BEBERAPA TETAP NEKAT MENJALANKAN RECORD LABELNYA, ATAS DASAR KESENANGAN DAN
KETEMU BANYAK TEMAN BARU MERUPAKAN ALASAN VIDI DARI DISASTER RECORD TETAP
BERJALAN. KEUNTUNGAN LAINNYA DI UNGKAPKAN OLEH DELPI DARI GREEDY DUST RECORDS ASAL BLITAR YANG
MEMULAI LABELNYA SEJAK 2018 , SEPERTI DI TULIS DI CUITANNYA DI TWITTERNYA
'MESKI DENGAN SEMANGAT DIY, PERSEPSI "UNTUNG GA UNTUNG GA MASALAH"
PERLU DIPAHAMI LEBIH AWAL. KEUNTUNGAN MATERI ATAUPUN KEUNTUNGAN
KULTURAL.". APA YANG DIMAKSUD DENGAN KEUNTUNGAN KULTURAL DISINI ADALAH HAL LAIN SELAIN UANG, YAITU JEJARING,
IDENTITAS, KUALITAS ARTISTIK, ATAU PERTUKARAN PIKIRAN TENTANG BAGAIMANA SCENE
HC PUNK DAPAT MENYIKAPI ISU DI MASYARAKAT MELALUI KARYA MAUPUN ATTITUDE DI
KESEHARIAN.
MESKIPUN MEMASUKI ERA DIGITAL SAAT INI , BEBERAPA RECORDS
LABEL SELAIN MENGELUARKAN RILISAN FISIK JUGA MENYIASATI DENGAN MENGELUARKAN
VERSI DIGITAL TERHADAP BAND BAND YANG DINAUNGINNYA , MENURUT TOVA DARI STAY
PUNK RECORDS “JALAN SATU-SATUNYA UNTUK SEBUAH RECORD LABEL YA CUMA MERILIS
KEDUANYA (RILIS DALAM BENTUK FISIK DAN DIGITAL) KALAU MENURUT GW PRIBADI SI.
KARENA DI KEDUANYA TETAP MASIH ADA KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA. UNTUK SEBUAH
RECORD LABEL DI SCENE KITA, ADA BAIKNYA TETAP RILIS DALAM BENTUK FISIK SI,
KARENA ITU UDAH JADI SEPERTI SYARAT DI SCENE KITA YA. TAPI GA MENUTUP
KEMUNGKINAN JUGA KALAU SUATU SAAT NANTI TIBA-TIBA ADA RECORD LABEL DI SCENE
KITA YANG HANYA MERILIS DALAM BENTUK DIGITAL, YA GW PRIBADI SI GA
MASALAH/DUKUNG-DUKUNG AJA, SELAMA RECORD LABEL ITU BENAR-BENAR SIAP
MEMPERLAKUKAN BAND-BAND YANG DIA RILIS SEBAGAIMANA MESTINYA, KARENA MUNGKIN
SEBAGIAN ORANG-ORANG JUGA SUDAH TAU KALAU PLATFORM-PLATFORM YANG SEKARANG
SEDANG TREND ITU TIDAK BEGITU BAGUS PROFITNYA, KITA AMBIL CONTOH AJA SI
SPOTIFY, UNTUK 1X STREAMING KITA AKAN MENDAPATKAN ROYALTY SEKITAR
0,006USD-0,0084USD, YANG ARTINYA JIKA RECORD LABEL ITU MENDAPATKAN 1000
PENDENGAR STREAMING, RECORD LABEL ITU MENDAPATKAN SEKITAR 6USD-8,4USD ALIAS RP.
85.727-RP.120.017 HAHAHA BERAT JUGA YA? DENGAN ANGKA SEGITU, RECORD LABEL
TENTUNYA HARUS MEMBAGI LAGI ROYALTY KE BAND YANG DIA RILIS HAHAHA. MAKANYA
SEPERTI YANG TADI GW TULIS DI ATAS, ADA BAIKNYA SEBUAH RECORD LABEL TETAP
MERILIS DALAM BENTUK FISIK DAN DIGITAL” ,
KEUNTUNGAN LAIN DARI ERA DIGITAL DAN KEMASIFAN MEDIA SOSIAL
MENURUT IMAM DARI SMARTEST BOMB RECORDS
‘PADA ERA DIGITAL DAN KEMASIFAN MEDSOS SEKARANG, BICARA KEUNTUNGAN DARI
SISI PROMOSI SANGAT MENGUNTUNGAN BAGI BAND DAN JUGA LABEL REKAMAN, PENYEBARAN
INFORMASI DAN AKSES KE KARYA MUSIK SEMAKIN LEBIH MUDAH DAN CEPAT. HARI INI KITA
BISA DENGAN MUDAH MENEMUKAN KARYA MUSIK DARI BERBAGAI NEGARA DAN DAERAH DENGAN
BERAGAM GENRE MUSIK HANYA DENGAN SATU APLIKASI. SEMAKIN MUDAH DIAKES JUGA TIDAK
SEPENUHNYA IDEAL, ADA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN. UNTUK BAND BERSKALA LABEL
REKAMAN SEPERTI SMARTEST BOMB RECS KEUNTUNGAN ROYALTI DARI PLATFORM MUSIK
DIGITAL TIDAK BEGITU IDEAL, SEBELUM MENJADI VIRAL MENCAPAI BERJUTA JUTA STREAM
DIKANAL MUSIK DIGITAL TIDAK AKAN BEGITU TERASA KEUNTUNGANNYA, SECARA BISNIS
TIDAK BISA BERJALAN DENGAN BAIK JUGA KARENA PERPUTARANNYA PUN TIDAK AKAN
SECEPAT MENJUAL RILISAN FISIK SEPERTI KASET, CD DAN VINYL.
RILISAN FISIK YANG SELAMA INI MENJADI MENU UTAMA JUGA
SEMAKIN TERGERUS OLEH DIGITALISASI DAN JUGA TIDAK SIGNIFIKAN MENDONGKRAK
KEUNTUNGAN BAGI LABEL REKAMAN. BAGI SMARTEST BOMB RECS SENDIRI MULAI MENCOBA
ADAPTIF DENGAN KEMASIFAN DIGITAL APALAGI DITAMBAH DENGAN KONDISI PANDEMI. SALAH
SATU CELAH YANG CUKUP MENJAJIKAN KEDEPANNYA KAMI BERENCANA UNTUK MEMULAI EVENT
PLANNING DAN MANAGEMENT UNTUK MEMBUAT EVENT DIGITAL SEPERTI INTIMATE GIGS,
SHOWCASE, TALKSHOW, MINI LIVE CONCERT SAMPAI FASTIVAL. KEGIATAN ACARA INI MEMEBERIKAN RUANG BAGI ROSTER BAND KAMI DAN
JUGA MENJAWAB KEBUTUHAN PARA PENGGEMAR MUSIK SAAT INI YANG KANGEN DENGAN
PERTUNJUKAN MUSIK. DARI KEGIATAN ACARA INI BANYAK YANG BISA DIKEMBANGKAN SELAIN
PENJUALAN TIKET, SPONSORSHIP KAMI JUGA BISA SEKALIGUS MENJUAL RILISAN DAN
MERCHANDISE. BAGI KAMI SAAT INI MENCERITAKAN DAN MEMBANGUN KARAKTER SEBUAH
KARYA MUSIK YANG IDEAL DALAM AKTIFITAS DIGITAL SANGATLAH PENTING, DARI SINI
AKAN MEMBAWA KETERTARIKAN PENDENGAR UNTUK MENDUKUNG DAN MENGAPRESIASI KARYA
MUSIK TERSEBUT LEBIH BAIK LAGI.”
RECORDS LABEL SELAIN MEMPRODUKSI , MENJUAL, DAN
MENYEBARLUASKAN RILISANNYA , HARUS JUGA MENGAKOMODIR HAK DARI BAND YANG
DIRILISNYA DALAM BENTUK ROYALTY , ROYALTY BISA BERBETUK UANG , PEMBAGIAN
RILISAN FISIK , ATAU BISA DALAM BENTUK LAIN MISALNYA DI BUATIN ACARA , NAMBAHIN
UANG TOUR , DIBIKININ MERCHENDISE, SEMUA TERGANTUNG KESEPAKATAN BERSAMA.
TAPI RILISAN FISIK TETAP MENJADI HAL TERPENTING , KARNA BAGI
ARI DJABRANTAS (RAWCAM YOUTUBE) “CARA KITA JUGA MENGENAL SATU SAMA LAINNYA TUH,
HUBUNGAN EMOSIONALNYA JADI LEBIH RAPET”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar